Pengaruh Group to Group Exchange terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Fajar Wahyu Hidayat, Sulistiasih Sulistiasih, Muncarno Muncarno

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the type of group to group exchange active learning strategy on social science learning outcomes of students in class V of SD N 6 Metro Utara. The type of research used experimental research with experimental design Non-Equivalent Control Group Design. The population in this study were 44 grade V students.The data collection techniques used test techniques. Tests in the form of multiple choice questions that have previously been analyzed for validity and reliability. The technique of analyzing data was quantitative data. The results of the study showed that there was a significant effect on the application of the group to group exchange type active learning strategy to social studies learning outcomes of students in class V of SD N 6 Metro Utara.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe group to group exchange terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD N 6 Metro Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Non-Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini 44 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya sudah dianalisis uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe group to group exchange terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD N 6 Metro Utara.
 
Kata kunci:  group to group exchange, hasil belajar IPS, pembelajaran aktif.

References

Amri, Sofan. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Krikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakan.

Arini, Dwi Okta. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar di Desa Pekutatan Bali Tahun Pelajaran 2012/2013. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, Putu Eka. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas IV SD Gugus II Tampaksiring. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Efendi, Ismail. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik melalui Metode Belajar Aktif Tipe GGE (Group To Group Exchange. Jurnal IKIP Mataram. Vol, 1 PP 4249.

Gunawan, Rudy. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2006). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Kurniati. (2018). Pengaruh Strategi Group to Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Materi Virus Kelas X SMA. Pontianak: Univeritas Tanjung Pura.

Murni, Atma. (2010). Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Group to Group Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X IPS 1 MAN 2 Model Pekanbaru. Jurnal Universitas Pekanbaru. Vol, 2 No, 2 PP 1-105.

Purwati, et al. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas Viii Smp Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo. Jurnal IAIN Palopo. Vol, 3 PP 71-76.

Riantimala. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange terhadap Meningkatnya Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X.2 Di SMA Utama 2 Bandar Lampung. Jurnal Universitas Lampung. Vol, 5 PP 65-79.

Rosmaini, et al. (2010). Penerapan Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI IA SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau. Vol, 14 No, 2 PP 45-49.

Sanjaya, Wina .(2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Loria. (2015). Pengaruh Pembelajaran Active Learning Tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas Viii Mtsn Koto Majidin Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh.Vol, 12 No, 2 PP 1925.

Widyaningsih, Sundari. (2015). Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Pokok Plantae. Jurnal Pena Sains.Vol, 02 No, 02 PP 112-119.

Yuliani, Emilia. (2015). Pengaruh Active Leraning terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Penelitian Universitas Lampung. Vol, 3 No, 6 PP 1- 9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.