Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Wulan Agustiningrum, Lilik Sabdaningtyas, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem in this study is the low mathematics scorer of the fifth grade students at Elementary School 2 Sukajawa Bandar Lampung. This study aims to determine the correlation between discipline of learning with mathematics learning outcomes. This research is correlational research. The population of the study was all fifth graders of 71 students with 36 students were taken as sample. The sampling technique was done using purposive sampling. The data collection techniques were done throught observation and documentation. The data analysis was carried out using product moment. The hypothesis test data can be concluded that there was a correlation between discipline of learning with mathematics learning outcomes of  5th grader student in Elementary School 2 Sukajawa Bandar Lampung

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik SD Negeri 2 Sukajawa Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang  berjumlah 71 peserta didik dan sampel berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 2 Sukajawa Bandar Lampung.


Kata Kunci: disiplin belajar, hasil belajar, matematika

References

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Aslianda, et al. 2017. Hubungan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar FKIP Unsyiah 2(1).

Djamarah, Syaiful. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. TIMSS Infographic.

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Rusni, Agustan. 2018. Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1(1).

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.