Pengaruh Model Discovery Learning untuk Mencapai Higher Order Thinking Skill

Widya Eka Putri, Riswandi Riswandi, Maman Surahman

Abstract

The Problem of this research was about  the lack of abilities the student’s higher order thinking skill. The aim of this research was to know the influence of the discovery learning model in regard of increasing the student’s higher order thinking skill. The approach of this study was quasi experimental with non equivalent control group design research design. Tests and non-test were used as the instrument of eliciting the data. The population of this research were  four grader of SD Negeri 8 Negeri Katon. The sample of this research were the studens of IV A class as experiment class and  the student of IV B class as the controlled class in SD Negeri 8 Negeri Katon 2018/2019 Learning Period, that had gotten by purposeive sampling technique. The data were analyzed by simple linear regression. The result showed that there was influence from discovery learning model in regard of increasing higher order thinking skill.


Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan Higher Order Thinking Skills peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrument dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Populasi dipenelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol di SD Negeri 8 Negeri Katon tahun ajaran 2018/2019, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill.

Kata kunci: Higher Order Thinking Skill, Pembelajaran, Discovery Learning.

References

Anderson, et al. 2017. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: a Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Jurnal Pedagogik, Vol. 04 No. 01, Januari - Juni 2017.

Balim. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Jurnal Pendidikan Kimia vol. 4 No. 2 Tahun 2015.

Brookhart. 2010. How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, Nomor 2, Desember 2016.

Budingsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Cintia, Nichen, et al. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 1 April 2018.

Fidyatin, Iffah Nur. 2009. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Mtsn Tembelang Jombang. Jurnal.

Fanari, Zainal. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena. Vol. 2 No. 1. Jurnal.

Hosnan. 2013. Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 6 No. 2 Desember 2017.

Kurniati, Ida, et al. 2017. Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif Kreano 8 (2) (2017): 109-118.

Mardiansyah, et al. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20, 4, 452-469.

Maharani, et al. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5), 249-561

Rajendran, et al. 2001. Higher Order Thinking Skills. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

OECD. 2010. PISA 2009. Matematihics Framework. Paris-OECD Publishing

Pratiwi. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7).

Pohl, et al. 2016. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, Nomor 2, Desember 2016.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Swaak, et al. 2004. The Effects of Discovery Learning and Expository Intruction on the Acquisition of Definition and Intutive Knowledge. Jurnal Pendidikan Kimia vol. 4 No. 2 Tahun 2015

Tim PISA Indonesia. 2011. Survei Internasional PISA. Jurnal.

Wardhani. 2015. Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, Nomor 2, Desember 2016.

Yusuf, Kholid. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan HOTS Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Garung Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Kajian Pendidikan Sains Vol. IV No. 01, April 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.