PENGARUH MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Dwi Anjarwani, Sulistiasih Sulistiasih, Sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of the research was to find out the signifiant effect on the aplication of the three-dimensional media towards the students' mathematics learning outcomes. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The population of this study is 67 students. The instrument used is test. The data analysis used is independent sample t-test pooled varians statistical. The result showed that there was a significant effect on the application of the three dimensional media to students' mathematics learning outcomes with tcount  9.626 > ttable 2.021.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan media tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 67 peserta didik. Instrumen yang digunakan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independent sample t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika peserta didik dengan thitung  sebesar 9,626 > ttabel 2,021.

 

Kata kunci: media tiga dimensi, hasil belajar matematika.

References

Amiati, Sri. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Kubus Dan Balok Siswa Sekolah Dasar. Jurnal.

Asrotun. (2014). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal.

Krisnawati, Ari. (2013). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal.

Permado, Siskha. (2012). Penggunaan Media Visual 3 Dimensi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi IPA Kelas III SD N 037 Pekanbaru. Jurnal.

Ramadhania, Giatri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Visual Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Rajabasa Kota Bandar Lampung. Jurnal.

Septiana, Irinda. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi pada Tema Ekosistem terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V SDN Dukuh Pakis I Surabaya. Vol. 03, No. 2.

Solikhah, Nikmatus. (2016). Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv A Tema Tempat Tinggalku Di SDN Menur Pumpungan Surabaya. JPGSD. Vol. 04, No. 02.

Sulistyaningsih, Dwi. (2013). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Tiga Dimensi dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri Kelas V MI. Jurnal.

Wahyudin. (2012). Panduan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: UNS PRESS.

Widiastutik, Yuli. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek dan Media Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Menentukan Jaring-jaring Kubus Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDI Al-Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/ 2017. Vol. 1, No. 6.

Tim penyusun. (2013). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2006 tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar Bab (I) Pasal (1) Ayat (1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.