PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Fahmi Khoirur Ressa, Sasmiati Sasmiati, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem this study is that the critical thinking skills of the fifth grade students of SD Negeri 1 Jati Indah have not been maximized. The purpose this study to determine the effect of using Problem Based Learning learning models students' critical thinking skills. The subjects in this study were 28 students in class V as many as 28 people. Data collection uses observation instruments, while data analysis is done using simple linear regression and t-test. The results study showed that there was effect the Problem Based Learning model students' critical thinking abilities. This is evidenced that there differences in students 'critical thinking skills before and after using the Problem Based Learning  model which shows that students' critical thinking skills after using the Problem Based Learning model better.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Jati Indah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 28 orang. Pengumpulan data menggunakan instrument observasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik.

 

Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis peserta didik, Problem Based Learning

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Amir. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning. Bandung: Graha Ilmu.

Budiningsih. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kowiyah. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman, 2015. Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadia, Wayan. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Graha Ilmu.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya 2005. Media Pendidikan. Bandung: Graha Ilmu.

Suhana, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Suprijono. 2015. Ragam Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryani, et al. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyajarta: Penerbit Ombak.

Thobroni, Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yani, Ahmad, Mamat Ruhimat. 2018. Teori Dan Implementsi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: Refika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.