Pengaruh Model PAKEM dan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematika

Norma Hidayatika, Muncarno Muncarno, Sarengat Sarengat

Abstract

This study aims to analyze and determine the positive and significant influence of  PAKEM model and realia media on students' mathematics learning outcomes. This type of research is an experiment with non equivalent control group design research design. The population of this study was the fifth grade students at SD Negeri 1 Metro Timur which are 43 students. The research samples were determined through saturated samples, where all members of the population are used as samples. Data collection techniques are carried out using test and questionnaire techniques. The results of hypothesis testing using multiple regression formulas obtained data tcount> ttable (4.84> 3.55) means Ha is accepted. There is a positive and significant influence on the PAKEM model and media realia on the results of mathematics learning of the fifth grade students at SD Negeri 1 Metro Timur.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh positif dan signifikan pada model PAKEM dan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Timur yang berjumlah 43 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi ganda diperoleh data thitung > ttabel (4,84>3,55) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model PAKEM dan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Timur.

 

Kata kunci: pakem, media realia, hasil belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Ahmadi Iif Khoiru & Sofan Amri. 2011. Paikem Gembrot. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arrahim & Muttolingah. 2017. Penggunaan Media Realia (Papan Magnetik) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV MI At-Taubah Kota Bekasi.

Febriyanti, Wahyuni. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Realia. Jurnal.

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal.

Lestari, Novita. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Keaktifan Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambun Selatan. Jurnal.

Munfatiroh, Siti. 2018. Pengaruh Model Pakem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDI Raudhatul Jannah Waru. Jurnal.

Novianingsih, Hestika. Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal.

Okti, Wuli. 2014. TIMSS Trends International Mathematics. Jurnal.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2005. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tetang Guru dan Dosen. Jakarta: Debdiknas.

Undang-Undang Sisdiknas. 2013. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Fokusmedia.

Watirah, Endri. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Realia di Kelas II SDIT Al- Karima Pontianak Tenggara. Jurnal.

Zahara, Elvi. 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran PAKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 002 Bagan Besar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.