Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Matematika

Hevi Tihana, Rapani Rapani, Rapani Rapani, Alben Ambarita, Alben Ambarita

Abstract

This study aims to determine the positive and significant influence of the RME approach on mathematics learning outcomes. This study uses a type of experimental research with research designs non-equivalent group control design. The population of this study was fourth grade students of SDN 1 Mulyosari. The study was determined by  purposive sampling. The results of the study showed that the average N-Gain value in the experimental class was 0.55 (medium category). While the average N-Gain value in the control class is 0.35 (medium category). The results of the study concluded that there were positive and significant effects indicated by the calculation of the value of the posttest of the experimental class and the control class with the value of tcount > ttable that is 2.59> 2.00 (with α = 0.05).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Mulyosari. Penelitian ditentukan dengan  sampling purposive. Hasil penelitian diperoleh  nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,55 (kategori sedang). Sedangkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,35 (kategori sedang). Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ditunjukan dengan perhitungan nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,59 > 2,00 (dengan α = 0,05).

Kata kunci: hasil belajar, matematika, RME.

References

Annisa, Risma Nur. 2015. Teori Belajar. http://blog.unnes.ac.id/seputarpendidikan/2015/10/18/teori-belajar/.

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fauzan, Ahmad dan Oci Yuliana Sari. 2017. Pengembangan Alur Belajar Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (SNP) Unsyiah 2017, April 12, 2017, Banda Aceh, Indonesia.

Hidayat, R., & Iksan, Z. H. 2015. The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ ConceptualUnderstanding of Linear Progamming. Jurnal Creative Education, 6, 2438-2445.

Jalal, Abdul. 2018. Kolaborasi RME (Realistic Mathematics Education) Dengan TGT (Team Games Tournament) Untuk MAenbidnuglk Jaatlkala, n S.A Pkdr tivitas Dan Hasil Belajar. Jurnal EA bISdSuNl J 2a6la1l5 -0697 dan P ISSN 2622-8149 97 – 111 98 Volume 3 No 1 Januari 2018.

K. Andriani R., et al. 2016. Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematisdan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1.

Khasanah, Faridhatul. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Teka-teki Silang Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SDN 4 Metro Timur. Tidak diterbitkan. Bandar Lampung.

Ningsih, Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari. Vol. 01 No. 2 Januari – Juni 2014, h. 73-94

Özkaya, A. & Yetim Karaca S. 2017. The effects of Realistic Mathematics Education on students’ achievements and attitudes in fifth grades mathematics courses. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 4(2). 185-197.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susilowati, Endang. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model RealisticMathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PINUS Vol. 4 No. 1 Tahun 2018 ISSN. 2442-9163.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.