Analisis Budaya Demokrasi di Sekolah dan Pembentukan Karakter Peserta Didik
Abstract
The objectives of research were to describe and to explain effort of the school in impelmenting the democracy culture and formation of students character. This research was done through qualitative descriptive. Observation, interview, documentation were used to collect the data. The resources of the data: headmaster, teacher, students, and administrative staff. The focus of this research was the descriptive study of democracy culture and formation of character at the fifth frade students pf SD Al-Kautsar. The result of the indicate that the democracy culture was carried out and the character was formated through character education in SD Al-Kautsar.
Penelitian bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan upaya sekolah dalam pelaksanaan budaya demokrasi dan pembentukan karakter peserta didik. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data: kepala sekolah, pendidik, peserta didik dan staff tata usaha. Fokus dalam penelitian ini ialah studi deskriptif budaya demokrasi dan pembentukan karakter peserta didik kelas V SD Al-Kautsar. Hasil penelitian yang di peroleh yaitu sudah terlaksananya budaya demokrasi dan sudah terbentuknya karakter melalui pendidikan karakter di SD Al-Kautsar.
Kata kunci: budaya demokrasi, pembentukan karakter, peserta didik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfajar, Lukman Hakim. 2014. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Alvian, Resta. 2014. Implementasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Organisasi Kesiswaan. Skripsi. Univeristas Pendidikan Indonesia.
Ardila, Risma, Nurhasanah, Moh Salimi. 2017. Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Indovasi Pendidikan. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.
Cipto, Bambang. 2003. Politik dan Pemerintahan Amerika, Lingkaran, Tekanan Amerika terhadap Indonesia: Kajian atas Kebijakan Luar Negeri Clinton terhadap Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmajari. 2011. Bimbingan Bagi Pengembangan Disiplin Siswa Berbasis Nilai Sholat. Jurnal al-shifa. Volume 1, Nomor 2. Univeristas Islam Negeri Banten.
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamidi, Hanum. 2013. Civic Education. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kemendiknas . 2010. Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Koesoma, Doni. 2009. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: PT Grasindo.
Lailatus, Shoimah, Sulthoni, Yerry. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 1, Nomor 2 Juni 2018. Univeristas Negri Malang.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik Volume 1. Nomor 2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sadiman, Arief. 2001. Paradigma Baru Pengemasan Pendidikan yang Demokratis Ditinjau dari Segi Aspek Kebijakan. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Malang.
Susanto, Ahmad. 2017. Proses Habituasi Nilai Disiplin pada Anak Usia Dini dalam Rangka Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Sosioreligi. Volume 15 Nomor 1, Edisi Maret 2017.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wulandari. 2017. Program Pembiasaan Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah XI Mangkuyudan Surakarta dalam Membangun Karakter Religius. Naskah Publikasi. Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yuniarto, Bambang. 2018. Pendidikan Demokrasi dan Budaya Demokrasi Konstitusional. Yogyakarta: Deepublish.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zuriah. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.