MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PENGGUNAANNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA

Kenny Rama Dhany, Sasmiati Sasmiati, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in this study is that the majority of students still have difficulty in understanding the concept of science. The purpose of this study was to determine the effect of the Discovery Learning on understanding the science concept. The subjects in this study were 30 students at class fourth grade. This type of in research is pre-experimental with the design of one group pretest posstets design. Data collection used test and observation instruments, while data analysis is was done using simple linear regression and t test. The results of the study show that there is the influence of the use of the Discovery Learning on the understanding of the science concept. This was done that there is a difference in understanding the science concepts before and after using the Discovery Learning which shows that understanding the science concept after using the Discovery Learning is better in science subjects and can help students understand the concept of science.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah mayoritas peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep IPA. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini pre experimental dengan desain one group pretest posstets design. Pengumpulan data menggunakan instrument tes dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep IPA. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA setelah digunakan model  pembelajaran Discovery Learning lebih baik dalam mata pelajaran IPA dan dapat membantu peserta didik mempermudah memahami konsep IPA.

 

Kata kunci : Discovery Learning, pemahaman konsep IPA.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

BNSP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Budingsih. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rienika Cipta.

Putrayasa, I. M., et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2:55-65. Skripsi.

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta: Pustaka Belajar.

Yaumi, Y. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi IPA Siswa SMP Kelas VII. Pensa: Jurnal Pendidikan IPA, 5:38-45.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.