Hubungan Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika

nopi damayanti, Siswantoro Siswantoro, A. Sudirman

Abstract

The purpose of this study was to determine the significant relationship between learning discipline with learning result, learning motivation with learning result, and learning discipline and learning motivation together with mathematics learning result of students in class V SD Negeri 6 Kelapa Tujuh. This type of research was ex-postfacto correlation. Data collection techniques carried out were observation, interviews, questionnaires, and documentation studies. Data analysis was done by using product moment correlation and multiple correlation. The results showed there was a significant relationship between the discipline of learning with mathematics learning result (0.448 / moderate), learning motivation with mathematics learning result (0.433 / moderate) and discipline learning and motivation learning together with mathematics learning result (0.531 / moderate).

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar, dan disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Kelapa Tujuh. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika (0.448 / sedang), motivasi belajar dengan hasil belajar matematika (0.433 / sedang) dan disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika (0.531 / sedang).

Katakunci: disiplin, motivasi, hasil belajar matematika.

References

Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 55 hlm.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 17 hlm.

Hindiarti, Yudita Ingga. 2017. Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar. Vol 17, No 2 (2017).

Jailani, Pahrul. 2014. Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pesrta Didik Kelas VA SD Negeri 03 Kota Bengkulu.

Khalida Rozana Ulfah, Anang Santoso, Sugeng Utaya. 2016. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 8 Bulan Agustus Tahun 2016. Halaman: 1607-1611.

Kristiyani. 2016. Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Segugus Diponegoro Kecamatan Banyubriu Kabupaten Semarang. Vol. 10. No 2 (2016).

Nainggolan, Yuniarta Idayani. 2012. Hubungan Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011/2012.

Pahenra, Arfin, Reni. 2017. Hubungan Pola Interaksi Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa. Vol.17 No.1 Tahun 2017.

Rachmawati, Nisa Dian. 2014. Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar Negeri Sumber Jaya 04 Tambuan Selatan Kabupaten Bekasi. Vol 2. No 02 (2014).

Rahmawati. 2016. TIMSS 2015 Internasional Mathematics Report. TIMSS dan PIRLS Internasional Study Center. Online.https://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah. Diakses pada tanggal 9 November 2018 pukul 15.21.

Rahmawati, Intan dan Aris Budi Utami. 2015. Korelasi Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sambi Boyolali.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 75 hlm.

Sari, E. 2015. Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Vol 6, No 1 (2015).

Wuryan, Dewi. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VI di MI Darusalam Kolomayan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2014/2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.