Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik
Abstract
The purpose of the study was to determine the positive and significant effect on the application of problem posing model to result of learning outcomes at SD Negeri 2 Fajar Mataram. This type of research is experimental research. The research method used is quasi experimental. The research design used was non-equivalent control group design. The technique of collecting the data is done by technique of non test and technique test. The result showed that the average posttest of the experimental class which was 79.50 higher than the control posttest was 70.09. The calculation of hypothesis testing using the independent sample t-test was obtained tcount > ttableor 2.696 >2.021, meaning that there is a positive and significant effect on application problem posing learning model on student learning class IV SD Negeri 2 Fajar Mataram.
Tujuan penelitian adalah untuk menganaisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Fajar Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design Design. Instrumen penelitian yang digunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model problem posing terhadap hasil belajar peserta didik dengan thitung 2,696 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran, problem posing
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Erianti, Dewi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dipadu Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berfikir dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Endoktrin Di Mas Babun Najah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tapioka. Vol 5, No. 1. Diambil dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/download/7144/5858
Febrilla, Milla Martha. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sribasuki. Universitas Lampung. Diambil ddari http://digilib.unila.ac.id/3248/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Juano, Asterius dan Pardjono. 2016. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berfikir dan Komunikasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia. Vol 4, No. 1. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/7801/0
Lastro, Sitohang Irene. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Konsep Siswa. Jurnal Inspiratif. Vol 1, No. 1. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/download/10804/9697
Muzaini, Muhammad. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Beta Jurnal Tadris. Vol 9, No. 2. Diambil dari https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/download/13/11/
Nurjaman, Adi dan Puspita, Indah. 2017. The Effect Of Problem Posing Approach Towards Critical and Creative Thinking Ability Based On School Lavel. Jounal Education. Vol 6, No. 1. Diambil dari http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/download/223/188
Prestiana, Nila. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V SDN Bujel Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal PGSD. Diambil dari http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.10.0129.pdf
Permana, Putu Arie. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap hasil Belajar IPS Kelas V Pada Gugus IV Kerinci Kecamatan Melayu Tahun Ajaran 2016/2017. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 5, No. 2. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/11029/7080
Ratna, Kartika. 2014. Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing Serta Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahida, Wirdatul. 2018. Pengarh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Keterampilan Berfikir, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal EduBio Tapioka. Vol 6, No. 2. Diambil dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/download/11294/9010
Yuntawati. 2017. Pengaruh Problem Posing Terhadap Kemampuan Penyelsaian Masalah. FMIPA Mataram. E-Journal Mandalanusa. Vol 1, No. 2. Diambil dari http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/185
Refbacks
- There are currently no refbacks.