Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Tematik

KD Grenita A Putri, Herpratiwi Herpratiwi, Erni Erni

Abstract

The problem of this research was the lack of learning result in thematic learning 1 sub 2 of fifth grade students. The purpose of this research to find out effect of the application of cooperative learning  type TGT towards learning result. This research is a quantitative quasi experimental approach with one group pretest-posttest design. The population were consisted by 51 students and the sample were consisted by 22 fifth grade students at SD Negeri 1 Bali Sadhar Selatan. Data were collected by test and the data were analyzed by t-test. The result of data analysis obtained conclusions that there is an effect of cooperative learning type TGT.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada pembelajaran tematik tema 1 sub tema 2 kelas V. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model cooperative leaning tipe TGT terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen, one group pretest-posttest design. Populasi terdiri dari 51 peserta didik serta sampel terdiri dari 22  peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bali Sadhar Selatan, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan dianalisis dengan uji t. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan model cooperative learning tipe TGT terhadap hasil belajar.

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran tematik, TGT.

References

Cahyaningsih, Ujiati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas. 3: 1-5.

Cahyati, Eri. 2016. Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SDN Mojotengah 2 Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.(Skripsi). Program Sutdi S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Darmawati. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Aktivitas Setting Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Negeri 002 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan. 5: 5-14.

Darmayanti, Kadek Ayu, et al. 2016. Pengaruh Model TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik pada Siswa Kelas V. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 4: 1-10.

Dzan, Wei-Yuan, et al. 2012. Construction and Application of Incorporating Imagination Cooperative Learning with Team Game Tournament. IEEE International Conference On Digital Game And Intelligent Toy Enhanced Learning. 2: Page 215-231

Morelent, Yetty. 2015. Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. V1.i2: 141-152.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widayanti, Eka Rizki dan Slameto S. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantu Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 6: 182-195.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.