Pengaruh Pemanfaatan Media Visual Dengan Hasil Belajar

Martina Martina, Maman Surahman, Pramita Sylvia Dewi

Abstract

The problem of this research is the low learning outcomes of students. The purpose of this study was to determine the effect of the use of visual media with learning outcomes. The research method used is an experiment (pre-experimental). and the data used is quantitative data. The research design used was one group pre - test - post - test - design. The population in this research is the entire learners class V SD Negeri Cakat Raya Menggala Timur Tulang Bawang totaling 54 students. The sampling technique uses purposive sampling. Collecting data using test sheets and documentation. The results of data analysis techniques that use a simple linear regression test formula show that there is an effect of the use of visual media with the the results of the study class V SD Negeri Cakat Raya Menggala Timur Tulang Bawang.

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media visual dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen (pre – eksperimental). dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre – test – post – test – design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Cakat Raya Menggala Timur Tulang Bawang berjumlah 54 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penggumpulan data menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Hasil teknik analisis data yang menggunakan rumus uji regresi linier sederhana  menunjukan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media visual dengan hasil belajar kelas V SD Negeri Cakat Raya Menggala Timur Tulang Bawang.

Kata kunci: hasil belajar, pemanfaatan media visual

References

Arikunto, Suharimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badruzaman, et al. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peta. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Buchoril, Achmad & Setyawati, Rina Dwi. 2015. Development Lerning Model Of Charactereducation Through E-Conic In Elementary School. International Journal of Education and Research. 3: 369-386.

Buckingham, D. 2008. Media Education: Literacy, Learning and Contemporary Culture. International Journal of Humanities and Social Science. 2: 150-158.

Chan, Keith, Bryan, Ding, & Kenneth, Mroczek. 2011. Acute and Chronic Lateral Ankle Instability in the Athlete. Bulletin of the NYU Hospital for Joint Diseases. 69: 17-26.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Jatmika, Maya, Herka. 2005. Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan jasmani indonesia. 3: 89-99.

Kurniawan, Otong, & Novita, Eddy. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6: 389-396.

Murfiah, Uum. 2017. Model pembelajaran Tepadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar. 1: 57-69.

Muson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8: 1-10.

Perry, Michelle, Jessica, Marie. 2013. Effects of Visual Media on Achievement and Attitude in a Secondary Biology Classroom. (reseach). Ohio: Ohio University.

Ningsih, Widia. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Matimatika Peserta Didik sKelas V SDN Sawah Lama Bandar Lampung. (Skripsi) Lampung : Universitas Lampung.

Soebroto. 2009. Pengaruh Media Visual Di Ruang Kelas Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3: 400-404.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja

Zhang, Li. 2006. Effectively incorporating instructional media into web-based information literacy. The Electronic Library. Vol. 24: 294 – 306.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.