Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Wivka Prastya Ningrum, Siswantoro Siswantoro, Sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of this research was to find out the effect of the project based learning model on learning outcomes. This type of research was experiment with the research design was nonequivalent control group design. The population of this research was 98 students. In determining the sample, nonprobability sampling technique was used and 48 students were chosen as samples. The research instruments used test and questionnaire. The results showed that there was a significant effect on the use of the project based learning model on student learning outcomes with tcount 3.944> ttable 2.021 (with α = 0.05).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini ialaheksperimen dengan desain penelitian yaitunonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 98 peserta didik.Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel 48 peserta didik.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan pada penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik denganthitung3,944> ttabel 2,021 (dengan α=0,05).

Kata kunci: model pembelajaran, project based learning, hasil belajar

References

Andini, Ni Komang. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugug 2 Kecamatan Rendang. Vol. 4. No. 1.

Depdiknas. 2013. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, Ni Pt. Chyntia. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Vol. 5. No.2

Fitri, Hikmatul. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Vol. 3. No. 2.

Himmah, Faiqotul. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Punggul 1 Gedangan Sidoarjo. Vol 5. No 3.

Kristanti, Yulita Dyah. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Vol. 5. No. 2.

Martini, Sri. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 45 Pontianak Kota. Vol. 3. No. 2.

Nugraha, Abdi Rizka. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD. Vol. 6. No. 4.1.

Rati, Ni Wayan. 2017. Model Pembelajran Berbasis Proyek Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Vol. 6. No.1

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Suarni, Ni Ketut. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kuta. Vol. 4.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widyastuti, Ira. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SD. Vol. 3. No. 3.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.