Hubungan Gaya Belajar dan Konsentrasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika

Dinda Nurul Pratiwi, Siswantoro Siswantoro, A. Sudirman

Abstract

The purpose of this research was to determine the positive and significant relationship between learning styles and learning concentration toward mathematics learning outcome. This research used ex-postfacto correlation design.In collecting the data, observation, questionnaire and documentation were used. The data collection instruments in the form of questionnaires with likert scale, which previously tested validity and reliability. The data analysis used  product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant correlation between learning styles and learning concetration with the result of learning mathematics by correlation coefficient of 0.681 which the “hight” criteria.

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antaragaya belajar dan konsentrasi belajar dengan hasil belajar matematika.Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi.Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan konsentrasi belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,681 yang berada pada taraf “kuat”.

 

Kata kunci: gaya belajar, konsentrasi belajar, matematika.


References

Anto. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Vol 4. No 2.

Ghufron, Nur dan Risnawita, Rini. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hartati, Leny. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol 3. ISSN: 2088-351X.

Ludji Bire, Arylien & Bire, Josua. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Vol 44. No 2.

Malawi, Ibadullah & Tristiar, AA. (2013). Pengaruh Konsentrasi dan Kemampuan berpikir kritis terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Manisrejo 1 Kabupaten Magetan. Vol 3. No 2.

Nurfajrianti. (2016). Pengaruh Aktivitas dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Vol 1. No 1.

Rahma Setyani, Mutia & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika ditinjau dari Hasil Belajar. Vol 1. ISSN: 2477-4812.

Ramadani, Reski & Idris, Ridwan. (2017). Hubungan antara Kreativitas Guru dan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Botomarunnu Kabupaten Gowa. Vol 5. No 1.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surya, Hendra. (2009). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sutrisna & Istiqomah. (2016). Hubungan antara Sikap, Gaya Belajar dan Kemampuan Berpikir Numerik dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Sekecamatan Jetis Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4. No 2.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun. (2013). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wassahua, Sarfa. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Vol 2. No 1.

Yurizki, Desita & Melvina. (2017). Hubungan antara Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Lab School UNSYIAH.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.