Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Hasanah Indah Pratiwi, Nelly Astuti, Yulina H.

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of probing promting models on student learning outcomes. The type of research used is experimental research. The data collection techniques were carried out in the form of pretest and posttest. Data analysis using independent sample t-test. Analysis the data, this research used is quantitative data analysis techniques. The results showed that the average value of the experimental class N-Gain was 0.57 with the moderate category and the N-Gain control class was 0.46 medium category. The calculation of the test results can be concluded that there is a positive and significant effect on the application of the promting probing learning model to the learning outcomes of the themes of the 8 sub-themes.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model probing promting terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,57 dengan kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol 0,46 kategori sedang. Perhitungan hasil uji dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran probing promting terhadap hasil belajar tema 8 sub tema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur”

 

Kata kunci: model pembelajaran, probing promting, hasil belajar.

References

Amir, Nurrizkiah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar IPA. Universitas Pendidikan Indonesia Jurnal Volume 3 Nomor 2 Tahun 2017.

Artawan, Ketut Agus. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD.

Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal PGSD Volume 5 Nomor 2 Tahun 2017.

Elvandari, Helivia. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Semarang Jurnal Inovasi Pendidikan Volume 10 Nomor 1 Tahun 2017.

Fauziyah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap hasil belajar pada tema 8 (ekosistem) siswa kelas V SDN Wiyung 1 Surabaya.(Skripsi). Universitas Negeri Surabaya. Diakses melalui Jurnal Pendidikan PGSD. Volume 05 nomor 03 Tahun 2017. Diakses pada tanggal 18 November 2018 pukul 8.44 WIB.

Majid, Abdul. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu.PT Remaja Rosdakarya. Bandung. 340 Halaman.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 224 Halaman.

Putra, Susila Bagus. 2017. Pengaruh Probing Promting Terhadap Hasil Belajar IPS dengan Konvariabel Motivasi Prestasi Pada Siswa Kelas IV. Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal PGSD Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016.

Rachnarani, Sarah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keatifan Belajar Siswa. Universitas Nusantra PGRI Kediri.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta. 239 Halaman

Sisdiknas. 2013. Undang-undang No 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta. 227 Halaman.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung. 456 Halaman.

Susanti, Vitria Suci. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatip Tipe Probing Promting Didukung Media Gambar Terhadap Hasil

Belajar peserta dididk Materi Energi Alternatif Dan Penggunaannya Pada peserta didik Kelas IV SDN Dermo 2 Kediri. Universitas Nusantara

PGRI Kediri. Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 08 Tahun 2017 ISSN: AAAAAAAA.

Trihayu. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Dengan Model Probing Promting Di SD Regunung 01 Kecamatan

Tengaran Kabupaten Semarang. Universitas Kristen Satya Wacana Semarang. Jurnal Pendidikan Ke Sd An. Vol 2 No 3, Mei 2016. Hlm.

-386.

Yanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sebatu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.