Hubungan Bimbingan Orang Tua dalam Belajar dan Kemampuan Mengajar Pendidik dengan Prestasi Belajar

Elza Maharani, Loliyana Loliyana, Tegar Pambuhi

Abstract

The aim of this research is to find the relationship between parent’s guidance on studying and teacher’s ability on teaching with student’s achievement.  The population in this research is 103 students with 57 students as sample.  The kind of this research is ex-postfacto correlation.  The data is collected through questionnaire and documentation.  This research uses Product Moment and Multiple Correlation as the data analysis tool.  The result of this research is there is significant relationship between parent’s guidance on studying and teacher’s teaching ability with student’s achievement of 5th grader students in SDN Kelurahan Sukajawa with 0.573 correlation coefficient which is considered as “medium” stage.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dalam belajar dan kemampuan mengajar pendidik secara bersama-sama dengan prestasi belajar peserta didik. Populasi berjumlah 103 peserta didik dan sampel berjumlah 57 peserta didik. Jenis penelitian ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dalam belajar dan kemampuan mengajar pendidik secara bersama-sama dengan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN Kelurahan Sukajawa ditunjukkan dengan kooefisien korelasi sebesar 0,573 berada pada taraf “Sedang”.

 

Kata kunci: bimbingan orang tua, kemampuan mengajar pendidik, prestasi belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Akbar, Reni. 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dhita, Nova Imma. 2007. Hubungan Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa dan Status Sosial Ekonomi Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Hamdu, Gullam. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Hastomo, Agung. 2016. Bimbingan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo.

Itkunminannar, Nindania. 2016. Hubungan Bimbingan Orang Tua dan Guru dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(5).

Jannah, Musholli. 2015. Pengaruh Peran Orang Tua dan Kemampuan Mengajar Guru. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS 9(2).

Rahmatullah, Mamat. 2016. Kemampuan Mengajar Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa. Junal Penelitian Manajemen Pendidikan 2 (1).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yunas, Tsabit Bisma. 2018. Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Fisika pada Siswa di Yogyakarta. Jurnal Psikologi 1(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.