Pengaruh Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills

Shella Ade Pratiwi, Riswandi Riswandi, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem of this research was about  the lack of abilities of the student’s higher order thinking skills. The aim of this research was to find out the influence of the problem based learning model in regard of increasing the student’s higher order thinking skills. The approach of this study was quasi experimental with non equivalent control group design research design. Tests and non-test were used as the instrument of eliciting the data. The population of this research were  fifth grader of SDN Gedung Agung. The sample of this research were the students of V A class as experiment class and  the students of VB class as the controlled class in SDN Gedung Agung 2018/2019 gotten by purposeive sampling technique. The data were analyzed by simple linear regression. The result showed that there was influence from problem based learning model in regard of increasing higher order thinking skills.

 

 

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan Higher Order Thinking Skills peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills pada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrument dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Populasi dipenelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Gedung Agung Kabupaten Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol di SDN Gedung Agung tahun ajaran 2018/2019, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills pada peserta didik.

 

Kata kunci: Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran, Problem Based Learning.

References

Afandi. 2011. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognitif melalui Model Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendikan Matematika dan IPA.Vol.2 No.2, 1-7 . Tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/2182. Diakses 8 November 2018

Chatib, M. 2012. Orangtuanya Manusia. Bandung: Kaifa.

Fanani, Zainal. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edunena. Vol.2 No.1. halaman 57-76. Tersedia:http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/download/582/455. Diakses: 8 November 2018.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Heong, Y. M., et al. 2012. The needs Analysis of Learning Higher Order Thinking skills for Generating ideas.Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 197-203. Tersedia : https://core.ac.uk/download/pdf/81945882.pdf. Diakses 7 November 2018.

Magsino, R. M. 2014. Enhaning Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class thirough Problem Based Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, Vol.2 No., 1-6. Tersedia: http://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2014/09/APJMR-2014-2-116.pdf. Diakses pada 8 November 2018.

Noma, et al. 2016. PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA BIOEDUKASI.Vol.9.No.2.Halaman62-66. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/58753-ID-none.pdf. Diakses pada 7 November 2018.

Rahma, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi alat-alat optik kelas X SMA Muhammadiah 7 Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Teknopedagodi, Vol.1 No.2, 1-14. Tersedia : https://online-journal.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/668/595. Diakses pada 8 November 2018.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Prenada Media Group.

Wikasno. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Inquiry pada Mahasiswa Semester III Program Studi Bahasa Indonesia STKIP PGRI Ngawi. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, Vol.12 No.234-49.Tersedia: http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/mp/search/titles?searchPage=5. Diakses pada 8 November 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.