IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013 OLEH PENDIDIK DI SDN TBS

Rini Permata Sari, Lilik Sabdaningtyas, Ujang Efendi

Abstract

The problem in this study is that educators have not fully implemented the assessment standards in the 2013 Curriculum. The purpose of this study is to know the implementation of standard assessment in Curriculum 2013 by educators in the Lada Cluster. The type of research used is descriptive quantitative research. This research was conducted in 1 Lada Cluster in Teluk Betung Selatan District. The population used in this study was 1 Lada Cluster with a total of 69 educators. Methods of data collection using questionnaires, documentation, and interviews. The instruments in this study are included in non-test instruments. Data analysis used descriptive percentages. The results of the data analysis concluded that the implementation of the standard assessment in Curriculum 2013 by educators at Teluk Betung Selatan Elementary School began with general standards of assessment, assessment planning standards, standards for evaluating, standards for processing and reporting on assessment results, and evaluation standards.

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah pendidik belum sepenuhnya mengimplementasikan standar penilaian dalam Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini mengetahui implementasi standar penilaian dalam Kurikulum 2013 oleh pendidik di Gugus Lada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 1 Gugus Lada Kecamatan Teluk Betung Selatan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 Gugus Lada dengan jumlah 69 pendidik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini termasuk dalam instrumen non-tes. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil analisis data disimpulkan bahwa implementasi standar penilaian dalam Kurikulum 2013 oleh pendidik diSDN Teluk Betung Selatan dimulai dari standar umum penilaian, standar perencanaan penilaian, standar pelaksanaan penilaian, standar pengolahan dan pelaporan hasil penilaian, dan standar pemanfaatan penilaian mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

 

Kata kunci : standar penilaian, standar penilaian oleh pendidik di SD, kurikulum 2013

References

Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kurniasih, I., & Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Popham, W.J., & Eva L. B. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.

Saidah, Karimatus. 2016. Analisis Kesesuaian Instrumen Penilaian IPS Pada Buku Guru Kelas V Tema “Sejarah Pearadaban Bangsa Indonesia” Dengan Kompetensi dan Prinsip Penilaian IPS SD Kurikulum 2013: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara vol 21 Agustus 2016. (http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/articel/view/339). Diakses pada tanggal 07 Januari 2019.

Suharji. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Standar Penilaian Di Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan Vol VI No. 02 Agustus 2015. (http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2017/03/Agustus-2015-1.pdf). Diakses pada tanggal 07 Januari 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.