Hubungan Fasilitas Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SD

Wenny Rahmadini, Yulina H., A. Sudirman

Abstract

The purpose of research is to find out positive and significant relationship between learning facilities in schools and learners' thematic learning outcomes. This type of research is quantitative research with ex-postfacto correlation. The sampling technique in this study was taken with the whole population which is 42 students. Analysis of the data used is the product moment correlation. The results of the study showed that the test calculations are significant and positive relationship between learning facilities in schools with learners' learning outcomes thematic with a correlation coefficient r equal to 0.582

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengambil keseluruhan dari jumlah populasi yaitu sebanyak 42 peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian perhitungan uji hipotesis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar tematik peserta didik kelas dengan koefisien korelasi r sebesar 0,582.

 

Kata kunci: hasil belajar tematik, fasilitas belajar.

References

Apriliana, Rejeki. 2014. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sd SeKecamatan Kutowinangun. Vol 3 No 2.

Badriyah, Lailatul. 2011. Hubungan antara Kebiasaan Belajar dan Fasilitas Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar PKn di SMP Negeri 13 Malang. Vol 1 No 1.

Bafadal, Ibrahim. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Chindy, Avilla Romadhina. 2016. Hubungan antara Motivasi dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Va Sdn Sumbersari 03 Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4 No. 2.

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Evi, Karyati. 2017. Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Pentur Tahun Ajaran 2016/2017.

Febriani. 2014. Hubungan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sdn 80/1 Muara Bulian.

Hasnah. 2014. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ppkn Murid Kelas V Sdn 53 Sawerigading. Vol 1 No

Matin dan Nurhattati, Fuad. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sidik, Widaryanto. 2016. Hubungan Antara Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Sugiyanto. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. ISBN 978-602-73690-3-0.

Wahyu, Putro Aji. 2017. Hubungan Fasilitas Belajar, Kemandirian Belajar, dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Vol 28 No 1.

Wina, Dwi Puspitasari. 2016. Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 2 No. 2. ISSN: 2442-7470.

Yuda, Ardi Saputra. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Siswa. Jurnal Pedagogi Vol 4 No 5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.