Hubungan Lingkungan Keluarga dan Motivasi dengan Hasil Belajar Kelas IV SD

Vivi Novita Sari, A. Sudirman, Darsono Darsono

Abstract

This study aims to determine the positive and significant relationship of family environment with learning outcomes, learning motivation with  learning outcomes, family environment with learning motivation, and family environment and learning motivation together with learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 4 West Metro. This type of research is ex-postfacto correlation. Data collection techniques were done by using observation, interviews, questionnaires (questionnaires), and study documentation. The instrument of data collection is a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. The data were analyzed by using product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant relationship between the family environment and learning outcomes, learning motivation with learning outcomes, family environment with learning motivation, and the family environment and motivation to learn together with learning outcomes.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan lingkungan keluarga dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar, lingkungan keluarga dengan motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 42 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi.Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan lingkungan keluarga dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar, lingkungan keluarga dengan motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar.

 

Kata kunci: lingkungan keluarga, motivasi belajar, hasil belajar.


 

References

Febriany, Rani dan Yusri. (2013). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas-tugas Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2, No 1, PP 8-16.

Harianti, Rini dan Amin, Suci. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Curricula. Vol 1, No 2, PP 20-29.

Indriani, Ari. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 4 No 2, PP 134-139.

Ismanto, Amatus Yudi. (2013). Hubungan antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah Kelas IV dan V di SD Negeri Kawangkoan Kalawat. E-journal Keperawatan. Vol 1, No 1, PP 1-8.

Lestari, Eni. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas IV se-Kecamatan Turi Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.http://eprints.uny.ac.id/18297/. Diakses pada tanggal 26 Oktober.

Listyanto, Anggoro Dwi. (2013). Hubungan Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 3, No 3, PP 293-306.

Mawarsih, Siska Eko. (2013). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan. Vol 1, No 3, PP 1-13.

Mulyaningsih, Indrati Endang. (2014). Hubungan Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemadirian Belajar dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 20, No 4, PP 441-451.

Muncarno, (2016). Statistik Pendidikan. Metro: Arthawarna. 96 hlm.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Indonesia. Jakarta: Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Safitri, Rahayu. (2017). Hubungan Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Way Kandis Kota Bandar Lampung. Universitas Lampung, Digilib.unila.ac.id.Diakses pada tanggal 26 Oktober 2018.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 246 hlm.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 195 hlm.

Wijayani, Isnaini. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Waringinsari Barat Kabupaten Pringsewu. Universitas Lampung, Digilib.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2018.

Zulaeva, Dewi. (2018). Hubungan antara Lingkungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang Tahun 2017/2018.http//eprints.walisongo.ac.id/8275/. Diakses pada tanggal 25 Februari 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.