Hubungan Interaksi Edukatif dan Keterampilan Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar tematik Peserta Didik SD

Ni Made Sutarmini, A. Sudirman, Sarengat Sarengat

Abstract

This research aims to determine the positive and significant correlation between educational interactions and classroom management skills with thematic learning result. This type of research is ex-postfacto correlation with a population of 43 students and all population is being sampled. The data were collected through observation, interviews, questionnaires, and documentation studies. The data were analyzed by using product moment correlation and multiple correlation. The results showed a positive and significant correlation between educative interaction and classroom management skills with thematic learning result  of fifth grade students of elementary school with the correlation of 0.746 and a contribution of 55.652%; then obtained significant test results Fcount = 25.05> F table = 3.23 means significant.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara interaksi edukatif dan keterampilan mengelola kelas dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi dengan populasi berjumlah 43 peseta didik dan semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan interaksi edukatif dan keterampilan mengelola kelas dengan hasil belajar tematik peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan korelasi sebesar 0,746 dan kontribusi sebesar 55,652%; kemudian diperoleh hasil uji signifikan F_hitung= 25,05> F tabel = 3,23 berarti signifikan.

Kata kunci: interaksi edukatif, mengelola kelas, hasil belajar tematik.

References

Asmadawati. 2014. Keterampilan Mengelola Kelas. (Jurnal).IAIN Padang Sidampuan. Padang. Diakses pada URL: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/131/1/1.%20Asmadawati%20sdh-min.pdf. Diunduh ada tanggal 10 April 2019 pukul 13:15

Febriyanti, Chatarina & Seruni. 2014. Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif Vol. 4 No. 3, pp. 245-254. Diakses melalui URL: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/161/154.Diunduh pada tanggal 25 Oktober 2018 pukul 21: 25

Hasyin, Loetfiya. 2018. Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Malang.(Skripsi).Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses pada URL:http://etheses.uin-malang.ac.id/12077/1/12140099.pdf. Pada tanggal 30 Maret 2019 pukul 17:43

Husnah, Asma’ul. 2015. Hubungan Keterampilan Guru Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Siswa di SD No. 106162 Medan Estate Kec. Percut Seituan.(Skripsi).Universitas Negeri Medan. Medan. Diakses melalui URL: http://digilib.unimed.ac.id/7973/. Diunduh pada tanggal 25 Oktober Pukul 20:18

Indarsih, Sutati. 2012. Pengelolaan Pembelajaran Tematik. Naskah Publikasi. Diakses melalui URL:http://eprints.ums.ac.id/18881/10/NASKAH_PUBLIKASI.pdf. Diunduh pada tanggal 31 Maret 2019 Pukul 19:07

Kadri.2018. Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran.Studi Ilmu Keislaman. Vol. 9 No. 1. Diakses melalui URL: http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/download/144/100/. Diunduh pada tanggal 28 Maret 2019 Pukul 20:09.

Lestari, Indri. 2016. Hubungan Keterampilan Mengelola Kelas dan Mengadakan Variasi dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.Diakses melalui http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/412/669.Diunduh pada tanggal 31 Maret 2019 Pukul 20:08

Lestari, Tri Puji. 2017. Keterampilan Guru Berinteraksi dengan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik V-A SD Muhammadiyah Bodon Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017.(Skripsi).Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.Diakses melalui http://digilib.uin-suka.ac.id/28620/2/13480073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf. Diunduh pada taggal 31 Maret 2019 Pukul 20:15

Liriwati.2017. Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar.(Jurnal system indragiri).Riau. Diakses pada URL:http://journal.indragiri.com/index.php/jind/article/view/22Pada tanggal 10 April 2019 pukul 13:21

Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran.Bandung: Rosdakarya. 391 hlm.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. 231 hlm.

Nurmala, Siti Rizqia. 2018. Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik pada Peserata didik Kelas II MI Pembangunan UIN Jakarta.(Skripsi).UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta. Diakses pada URL: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/39854/1/Siti%20Rizqia%20Nurmala-FITK. Diunduh pada tanggal 29 April 2019 Pukul 20:05

Prasetyaningsih, Astuti. 2012. Hubungan Kemandirian Belajar dan Interaksi Edukatif dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Sekecamatan Purworejo. (Jurnal).Universitas Negeri Sebelas Maret. Surakarta.Diakses pada URL: https://www.google.com/search?q=astuti+prasetyaningsih+jurnal&oq=astuti+prasetyaningsih+jurnal&aqs=chrome..69i57.16871j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#. Diunduh pada tanggal 10 April 2019 pukul 09:30

Sisdiknas. 2015. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.Bandung: Fokusmedia. 162 hlm.

Tritiani, Ervinta Yogi. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Interaksi Edukatif terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X SMA N Purbalingga.(Skripsi).Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta.226 hlm. Diakses melalui URL: https://eprints.uny.ac.id/41915/. Diunduh pada tanggal 20 Oktober 2018 Pukul 22:05

Wicaksono, Agus Arif. 2017. Hubungan Interaksi Edukatif dan Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang (Skripsi).Universitas Negeri Semarang. Semarang. Diakses melalui URL: https://lib.unnes.ac.id/31476/. Diunduh pada tanggal 25 Oktober 2018 pukul 20: 28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.