PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Christina Anggit Pramitha Sari, Suwarjo Suwarjo, Supriyadi Supriyadi

Abstract

The purpose of this study to improve the writing skills of students through the approach description Contextual Teaching and Learning (CTL). The method used is action research (classroom action research), the research procedure assessment cycle (cycle). Each cycle consists of four stages, namely (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan prosedur penelitian pengkajian berdaur (siklus). Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.

Kata kunci: keterampilan menulis, deskripsi, CTL

References

Alwi Hasan. (2000). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Balai pustaka.Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Martinis Yamin. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. GP Press. Jakarta.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. RaSAIL Media Group. Semarang.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang Sisdiknas. Sinar Grafika. Jakarta.

St.Y. Slamet. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. UNS Press. Surakarta.

Wahyu. 2011. Pengajaran Keterampilan Menulis (http://www.anneahira.com/pengertian-keterampilan-menulis.html). Minggu 02 Desember 2012. Pukul: 18: 12 WIB

Wardhani, IGAK dan Wihardit, K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.