Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar

Prima Sari Handayani, Herpratiwi Herpratiwi, Maman Surahman

Abstract

The problem of this research is the lack of learning outcomes of students in integrated learning. This study aims to determine the effect of the application of coopertative models of type non example on the students’ learning outcomes. The method used in this study was the quasi experiment method using one group pretest posttest design. The population in this study were all fourth grade students of SD Negeri 4 Pagelaran which are to 69 students with a sample of research using random sampling technique, so the sample becomes 35 students. The instrument used is a test. Data analysis was done by using Paired T Test. The results of data analysis are t count> t table (6.8438> 2, 0345), it can be concluded that there is an influence of the application of coopertative models of type non example on the students’ learning outcomes in integrated learning in the fourth grade of  SD Negeri 4 Pagelaran.

 

 

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model koopertatif tipe example non example terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan menggunakan one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran yang berjumlah 69 siswa dengan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, sehingga sampel menjadi 35 siswa. Instumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan uji Paired T Test. Hasil analisis data nilai t hitung > t tabel (6,8438 > 2, 0345), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model koopertatif tipe example non example terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu di kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran.

 

Kata kunci : example non example, hasil belajar, pembelajaran terpadu.

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Jakarta.

Mintowati. 2003. Penerapan Model Pembelajaran. Ombak. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.