Pengaruh Model Pembelajaran Disocvery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik

Annisa Ulva Zulfa, Herpratiwi Herpratiwi, Ismu Sukamto

Abstract

The problem of the research was the student’s learning outcome of thematic learning still was low. This study aimed to find out the effect of discovery learning model to the student’s learning outcome of themathic learning. The method of this research was pre experimental designs, with one group pretest posttest design. The sampling technique of this research was non probability sampling with simple random sampling. Test is used for the instrument.  The result of this research shows there is a significant effect of discovery learning at the fourth grade of student’s learning outcomes in thematic learning of SD Negeri 2 Kemiling Permai Bandar Lampung academic year of 2018/2019.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Kemiling Permai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental designs, dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan discovery learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 2 Kemiling Permai Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, tematik

References

Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineke Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineke Cipta.

Illahi Takdir, M. 2012. Pembelajaran Dsicovery & Strategy Mental Vocational Skill. Jogjakarta. DIVA Press.

Kurniasih, dan Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya. Kata Pena.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013. Jakarta. Kemendikbud.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta. PT Raja Grafindo.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mmepengaruhi. Jakarta. Rineke Cipta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. PT Rineke Cipta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia KelasAwal SD/MI. Jakarta. Kencana

Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.