PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI GROUP RESUME
Abstract
Collecting data by observation and achievement test. Means of data collection using observation sheets and test items were then analyzed with qualitative data and quantitative data. The results showed an increase in the percentage of activity and student learning outcomes of each cycle. Percentage of student learning activities in the first cycle of 66.72%, an increase in the second cycle of 71.25%, and increased again in the third cycle of 79.53%. Increase from cycle I to cycle II of 4.53%, the second cycle to the third cycle of 8.28%. Similarly, student learning outcomes is increasing from an average value of 64.4 in the first cycle, to 69.5 in the second cycle, and 77 on the third cycle.
Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklus. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 66,72%, meningkat pada siklus II sebesar 71,25%, dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 79,53%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,53%, siklus II ke siklus III sebesar 8,28%. Begitu pula hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari nilai rata-rata 64,4 pada siklus I, menjadi 69,5 pada siklus II, dan 77 pada siklus III.
Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar dan model cooperative learning tipe group resume.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Ikhsan, Fuad. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (nomor 22 tahun 2006. BSNP. 2006).
Sardjiyo. 2009. Pendidikan IPS di SD. Universitas Terbuka. Jakarta.
Silberman, Melvin. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nusamedia. Bandung.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative learning dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana. Surabaya.
Undang-Undang Sisdiknas (UU RI No. 20 Tahun 2003 PT. Sinar Grafika. Jakarta.). 2008.
Wardani, I.G.A.K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.
Wilt, Agung. 2012. Stategi Pembelajaran Aktif. http://wawasanbiologi.blogspot.com/2012/02/strategi-pembelajaran-aktif.html. Diakses pada tanggal 20/11/2012. 11.30 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.