Hubungan Keterampilan Variasi dan Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan dan positif antara keterampilan menggunakan variasi media pembelajaran dengan hasil belajar, keterampilan mengelola kelas dengan hasil belajar, dan keterampilan menggunakan variasi media pembelajaran dan keterampilan mengelola kelas secara bersama-sama dengan hasil belajar Matematika siswa. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 93 siswa dan sampel penelitian berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan dan positif antara keterampilan menggunakan variasi media pembelajaran dengan hasil belajar Matematika, keterampilan mengelola kelas dengan hasil belajar Matematika, dan keterampilan menggunakan variasi media pembelajaran dan keterampilan mengelola kelas secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika.
Kata kunci: hasil belajar, keterampilan dasar, matematika, .
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asmadawati. 2014. Keterampilan Mengelola Kelas. Jurnal skripsi Vol. II, No.02.
Bloom, B (ed). (2010). Taxonomy of educational objectives: The Classification Of Educational Goals. Handbook 1 Cognitive Domain. New York: David McKay Company.Vol. 22, No. 1, pp. 76-93.
Estiyaningsih. 2016. Hubungan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik. Jurnal ilmiah PODI Administrasi Pendidikan FKIP. 8-9.
Fatimah. 2014. Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal skripsi STAIN Sultan Qaimuddin Kendari Vol. 7 No. 2.
Lestari, Indri. 2016. Hubungan Keterampilan Mengelola Kelas Dan Mengadakan Variasi Dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Skripsi. UNY. Yogyakarta.
Makhsunah, Luluk. 2010. Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Kelas V di SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jurnal Skripsi Unnes. Semarang.
Uniarsi, Meci. 2014. Penerapan Keterampilan Guru Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Artikel Penelitian Universitas Tanjungpura. Pontianak.
Muncarno. 2016. Statistik Pendidikan. Arthawarna. Metro.
Riduwan. 2014. Pengantar Statiska Sosial. Alfabeta. Bandung.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta.
Wahyuni, Lisa. 2014. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Siswa. Jurnal Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.