Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik

Rika Muslikhah, Nelly Astuti, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the significant relationship between emotional intelligence and learning outcomes, to determine the relationship of learning activities with learning outcomes, to determine the relationship of emotional intelligence and learning activities together with the learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 5 Metro Pusat. This type of research is ex-postfacto correlation, with a population of 72 people, the sample used is saturated sampling. Data collection techniques carried out are observation, formative tests, questionnaires, documentation. Hypothesis testing uses product moment and multiple correlation correlation formulas. The results showed that there was a significant relationship between emotional intelligence and learning activities with learning outcomes as evidenced by the results of Fcount = 9.86> F table = 3.15 and the N-Gain value of 26.79.


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar, untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar, untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan aktivitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi, dengan populasi 72 orang, sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumplan data yang dilakukan adalah observasi, tes formatif, angket, dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dan multiple correlation.. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan aktivitas belajar dengan hasil belajar dibuktikan hasil Fhitung= 9,86 > F tabel = 3,15 dan nilai N-Gain sebesar 26,79.

Kata kunci: kecerdasan emosional, aktivitas belajar, hasil belajar.

References

Astindari. 2015. Hubungan anatara Gaya Belajar, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajar-an Matematika Siswa Kelas VI SD Nurul Ansor Situbondo. Jur-nal Skripsi. Universitas Negeri Malang

Djaali. 2009. Psikologi pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Djamarah,Syafudin Bahri. 2008. Psikologi pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Lia, Nining Agustin. 2015. Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Siswa dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Banjartanggul Desa Banjartanggul Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Jurnal Nasional. Surabaya. Uni-versitas Negeri

Ratih, Dewi Savitri. 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Mata Pe- lajaran PKn pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Kec- Pontianak Barat. Tanjungpura. Jurnal Skripsi. Univ Pontianak.

Salovey & Mayer. 1997. Eosional In-tellidence.Imagination, Cogni-tion, And Personality. PT Grahamedia Pustaa Utama. Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi-nya. Rineka Cipta. Jakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenada Media Group. Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.