Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions Terhadap Hasil Belajar Tematik

Rizki Amalia, Riswanti Rini, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem in this research is students’ thematic learning result of State Elementary School 3 AdipuroTrimurjo,Central Lampung which is still low.This study aims to find out whether there is influence of Student Teams Achievment Division learning model on thematic learning result. This research method is preexperimental design experiment with pretest-posttest designtype. The population of this research is the fourth-grade students of State Elementary School 3 AdipuroTrimurjo,Central Lampung with the total of 38 students, with the sample in is class IVA with the total of student of 19 students. Research data collected through the test. The result of mann whitney U test analysis obtained U count equal to 0,359 and U table 1,92, it shows that Ucount>Utable, it can be concluded that there is an influence of the use of inquiry learning model on thematic learning result of grade four of State Elementary School 3 AdipuroTrimurjo, Central Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar tematik siswa SDN 3 AdipuroTrimurjo Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievment Division terhadap hasil belajar tematik. Metode penelitian ini adalah eksperimen bentuk pre-eksperiental design dengan jenis pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasIV SD Negeri 3Adipuro Trimurjo Lampung Tengah sebanyak 38 siswa, dengan sampel adalah kelas IVB sebanyak 19 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Hasil analisis uji mann whitney U memperoleh U hitung sebesar 0,359 dan U tabel 1,96, hal ini menunjukkan bahwa Uhitung< ttabel maka disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar tematik kelas IV SD Negeri 3 Adipuro Trimurjo Lampung Tengah.

Kata kunci : hasil belajar, pembelajaran STAD, tematik

References

Hanafiah, dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajara. Refika Aditama. Bandung.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik Struktur, dan Model Terapan. Pustaka Pelajar. Yokyakarta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam

Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Terpadu Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Vol 3. No 2(sumber: ejournal.undiksha.ac.id Akses tanggal 30 Januari 2018)

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara Keinginan dan Realita. Jurnal Pendidikn Dasar Islam, 2(2), 3. Diakses melalui http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/aula duna/article/view/879 pada tanggal 23 maret 2018 pukul 14:30 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.