Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn SD

Nadya Indah Kinanti, Sulistiasih Sulistiasih, Muncarno Muncarno

Abstract

This study aims to determine the significant effect on the application of cooperative learning type of time token model on the activities and learning outcomes of civics. This research uses experimental method with non-equivalent control group design research design. The problem of this study is the low learning outcomes of students in grade V of SD Negeri 4 Metro Utara on civics. The population of this study amounted to 50 students. Determination of sample research using saturated samples. Technique of collecting data is done by technique of test and questionnaire. Hypothesis test result uses product moment formula and multiple correlation obtained value Fcount = 4,19 while Ftabel = 3,44. It shows (Fcount> Ftabel), Ha is accepted. It means there is a significant influence on the implementation of cooperative learning model of time token type with learning activity on learning outcomes civics of student in class V SD Negeri 4 North Metro.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe time token terhadap aktivitas hasil belajar PKn. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Masalah  penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara pada pelajaran PKn. Populasi penelitian ini berjumlah 50 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus product moment dan multiple correlation diperoleh nilai Fhitung  = 4,19 sedangkan Ftabel = 3,44. Hal tersebut menujukkan (Fhitung > Ftabel), berarti Ha diterima. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe time token dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar PKn peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara.

 

Kata kunci: time token, aktivitas, hasil belajar.

References

Adilla, Rachda. Cooperative Lear-ning Time Token in the Teach-ing of Speaking.

Afcarino. 2008. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif 3 (2) : 65-68.

Arends, Richard. 2008. Belajar Untuk Mengajar Learning To Teach. Salemba Humanika. Jakarta.

Asep Jihad dan Abdul Haris.(2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Mulyantini Soetjipto, Pustaka Pelajar. Yogyakarta. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan. Di akses pada tanggal 29 Juni 2018 pukul 23.00.

Aqib, Zainal. 2016. Model-model dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya. Bandung.

Aziz, Azmahani A 2012 Evaluation of the Effectiveness of Learning Outcomes from student’s Perfectives. Johor Malaysia. Social and Behavioral Science 56. 22-30.

Darlia, Tatik. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V SDN Blitar.

Depdiknas. 2003. Undang-udang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Hamzah, R & Isa, K.M.D. 2010. The Effectiveness of Interactive Multimedia Courseware in Develoving Students Self-Enlightening Level. Journal Of Technology. Vol 52: 29-43.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta. Bandung.

Roger T. and David W. Johnson. 2012. Cooperative Learning, Two heads learn better than one. One of the articles in Transforming Education (IC#18) Winter 1988, Page 34. as faculty at the College of Education, University of Minnesota

Sri, Latifah. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Learning Tipe Time Token Berbantu Puzzle terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas VI.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana. Jakarta.

Widyastuti, Ani. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Time Token Arends terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Bakalan Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.