Pengaruh Model Somatik, Audiotori, Visual, Intelektual terhadap Hasil Belajar IPA SD

Nur Asiah, Siswantoro Siswantoro, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

Based on observations obtained low student learning outcomes of students which is indicated by the failure to achieve the specified KKM, which is 75.The purpose of this study was to determine the effect of the use of Somatic, Audiotory, Visual, Intellectual learning model on the learning outcomes of science class V. The type of research was experiment. The population of this study was all the students of the class that was 72 students, sampling technique is saturated sampling technique. The type of this research was experimental research, with research design that is non-equivalent control group design. The data collection techniques were conducted with documentation studies, test techniques, and questionnaires. Quantitative data analysis techniques. The data analysis used idenpendent sample t-test sparated variance. The results of hypothesis testing indicate that there was a significant influence on the use of Somatic learning models, audiences, visuals, intellectuals on elementary science learning outcomes.

 

 

Berdasarkan hasil observasi didapat rendahnya hasil belajar IPA siswa yang ditunjukkan oleh ketidak tercapainya KKM yang telah ditentukan, yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Somatik, Audiotori, Visual, Intelektual terhadap hasil belajar IPA kelas V. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas yaitu 72 siswa, teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, teknik tes, dan angket. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Analisis data menggunakan idenpendent sampel t-test sparated varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Somatik, Audiotori, Visual, Intelektual terhadap hasil belajar IPA SD.

Kata kunci: model somatik, audiotori, visual, intelektual, hasil belajar IPA

References

Dewi, Diah Komala, Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana.

Kusumawati, Naniek. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dengan Model Pembelajaran SAVI pada Mata Pelajaran IPA di SDN Mangkujayan I Kabupaten Ponorogo 2018.

Meier, Dave. 2012. The Accelerated Learning Handbook.: . Kaifa. Bandung.

Nisa, Ghaida. Keefektifan Model Somatic, Auditory, Intellectually, Visualization Pada Mata Pelajaran IPA

Ningsih, Wuri Rahayu. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa SDN Sendangbumen 01 Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Universitas

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Rosyadi. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Ampel. Ampel.

Sudjana, Nana. 2011. Media Pengajaran.:. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitiam Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Tim Penyusun. 2016. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Isi. Depdiknas. Jakarta.

_________. 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Grafika Sinar. Jakarta.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Prenada Media Group. Jakarta.

Puspitasari, Endang, Pengaruh Model SAVI Somatic Auditory Visual Intelectual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Pandean Lamper 05 Semarang.

Yudhi, Sarjono Wahyu. 2016. Pengaruh pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar,

Refbacks

  • There are currently no refbacks.