Pengaruh Model Pembeajaran Think Talk Write dengan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
Problems in this study is the low learning outcomes of IPS students of grade V SD Negeri 3 Bukit Kemiling Permai. The purpose of this study was to determine the effect of TTW learning model on IPS learning outcomes. This research method is The non-equivalent control group design with the type of research that is experimental research. Technique of data collecting done by observation technique, test and student documentation. Data analysis techniques are quantitative data. The result of the research shows that the average of posttest in experiment class is higher than control class, meaning that there is an increase of students' IPS learning result. Based on hypothesis testing using independent sample t-test formula can be concluded there is a positive and significant influence on the model of learning TTW with student worksheets to the learning outcomes of social studies students of grade V SD Negeri 3 Kemiling Permai.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Bukit Kemiling Permai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar IPS. Metode penelitian ini adalah The non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi siswa. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperolehnilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, artinya terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran TTW dengan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar IPS.
Kata kunci: think talk write, lembar kerja siswa, hasil belajar, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Bailey, Yusuf. 2014. Populasi Penelitian. Alfabeta. Jakarta.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Bogor.
Huda, Miftahul. 2011. Model Pembelajaran Think Talk Write. Rineka Cipta. Jakarta
Kasmadi. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.
Piaget, Ansari. 2010. Tujuan Model Pembelajaran TTW. PT. Remaja: Bandung.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta
Tim Penyusun. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Depdiknas. Jakarta.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika. Jakarta.
Yusuf, A Muri. 2014. Metode Penelitian. Prenadamedia Group. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.