Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Verika Tazkiya, Riswandi Riswandi, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in this research the low level of creative thinking ability of student class IV SDN 1 Sukabumi. This study aims to determine the influence and differences in the application of the Discovery Learning model to improve the ability of creative thinking in the thematic learning of student class grade IV SDN 1 Sukabumi. The method of this research is quasi experiment method with research design nonequivalent control group design. Sampling technique used in this research is non probability sampling with type of purposive sampling technique. Hypothesis test using Linear Regression Test and independent sample t test. The result of the research shows that there is influence of the application of learning discovery learning model to improve the ability of creative thinking on thematic learning of student and there is difference of result of creative thinking ability of learners using learning model of Discovery Learning with learners using conventional learning.


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN 1 Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi. Metode penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan Uji Regresi Linear dan independent sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran tematik peserta didik dan ada perbedaan hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan peserta didik menggunakan pembelajaran konvensional.


Kata kunci: model pembelajaran discovery learning, kemampuan berpikir kreatif, pembelajaran tematik.

References

Danim, Sudarwan. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Scientific dan Kontektual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husamah, dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Percakapan Kopetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.