Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V

Annisa Putri Mulya, Sasmiati Sasmiati, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this research is the mathematics learning results of students at SDN 2 Harapan Jaya are still low. This research objective is to determine the effect of using learning model of discovery learning at the results of mathematics learning. Type of this research is experimatally quantitative research with the posttest only control group design. The sample in this research were 73 students of SDN harapan jaya of class VA dan VC. Data collection used is tests and observations while data analysis use linier regressions and t-test. The results of the research show that there is an effect of using learning model of discovery ;learning at the results of mathematics learning. This is proven by the learning results of the class that use learning of better than other class that not use it. This means that using of learning model discovery learning can help improve mathematics leaerning results

                                                  

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik SDN2 Harapan Jaya Bandar Lampung masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimental dengan desain posttest only control group Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VC SDN 2 Harapan Jaya yang berjumlah 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. sedangkan data yang terkumpul dianalisis dengan Uji Regresi Linier dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran  discovery learning terhadap hasil belajar ,matematika, hal ini dibuktikan bahwa hasil belajar matematika di kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran discovery learning, Ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika

Kata kunci : hasil belajar, discovery learning, matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arindah, Agustin. 2015. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Unesa, 3 (2) : Surabaya (http://jurnal mahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianp gsd/ article/ view/ 15657) pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 14.00 WIB.

Budiningsih, Asri(2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bandung: Ghalia Indonesia.

Putrayasa, IMade. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1): Singaraja, Bali (https:// ejournal. undiksha. ac.id/ index.php /JJPGSD/ article/ view/3087) pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 14.45 WIB.

Sari, Ni Made Meita Purnama. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD GugusII Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha,5 (2): Singaraja (https:// ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10830/6932) pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 16.05 WIB.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.