Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Team Achivement Devision Terhadap Hasil Belajar

Faisal Muhajir, Darsono Darsono, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem in the study is the low learning outcomes of students in grade IV SD Negeri III Kampung Baru Kota Bandar Lampung. This study aims to determine the effect of cooperative model type Student Teams Achievement Divisions on the results of students learning grade IV SD Negeri III Kampung Baru Kota Bandar Lampung. This research method is experimental research using design of Preexperimental Design method One shot Case Study Design. The population of this research is 30 students, sample technique Non Probability Sampling is total sampling technique. The results of this study aims that there is influence model cooperative type Student Teams Achievement Divisions on the outcomes of students learners class IV SD Negeri III Kampung Baru Kota Bandar Lampung academic year 2017/2018

Masalah dalam penelitian rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri III Kampung Baru Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri III Kampung Baru Kota Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan Preexperimental Design metodeĀ  One shot Case Study Design. Populasi penelitian ini adalah 30 peserta didik, teknik sample Non Probability Sampling yaitu teknik total sampling. Hasil penelitian ini bertujuan bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri III Kampung Baru Kota Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018


Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe, student teams achievement divisions.

References

Ade Sanjaya. 2011. Model-model pemeblajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewa, N.F. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran IPS Tentang Masalah Sosial Kelas IV SD. Vol 1, No 1 (dalamhttp://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/37)

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Iknasius. 2012. pengaruh mode pembeajaran koooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Ipa peserta didik kelas IV SD Negeri Jembeng Sari Kec.Salaman Kab.Magelang. Skripsi Fakutas Ilmu Keguruan Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga. Jawa Barat.

Ni Made Sukerti Sari. 2017. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe stad terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas Iv SD Negeri 1 Metro Timur. Skripsi Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Lampung (UNILA) Kota Bandar Lampung.

Oky Wasrik Dwi Nugroho. 2014. pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ips pada peserta didik keas IV SD Negeri Karang Duren. Skripsi Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Negeri Yogyakarta

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

_______. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.