Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Dian Ayu Marina, Maman Surahman, Sasmiati Sasmiati

Abstract

The problem of this research is the students’ result of mathematic learning at 4th grade was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning type TGT to the students’ result of mathematic learning. This research was quantitative kind which was experimental with One-Group-Pretest-Posttest design. Data retrieval was taken by test and observation to earn primer data, meanwhile documentation to earn secondary data, and data analysis using normality test and hypothesis test linear simple regretionand t test. The result show sthere is an effect of the cooperative learning type TGT to the students’ result of mathematic. It proved by t test which show that the resultof mathematic after using cooperative learning type TGT is better than before using it. Its mean that cooperative learning type TGT can help to increase the result of mathematic learning.

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik kelas IV yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif yang bersifat eksperimental dengan desain One-Group-PretestPosttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan observasi sebagai data primer, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekunder, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika peserta didik, hal ini dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika sesudah menggunakan model kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model TGT. Ini berarti bahwa model kooperatif tipe TGT dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika.

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, TGT.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 24 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendiknas. 2003. UndangUndang No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Sekretariat Negara.

Kemendiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Sekretariat Negara.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Adita

Siregar, Eveline. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT:Kencana Prenada Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.