Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Tematik

Dwi Sulistyaningtyas Gayatri, Fitria Akhyar, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem of this research was the students’ result of  thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning type think pair share  implementation to the students’ result of thematic learning. This research was experiment design with quasi experiment as the method.. The design of this study used nonequivalent control group design. This study used nonprobabilitys sampling technique. Multiple choice test and observation sheet were use as the instrument data collecting technique. Data analysis using simple linear regression formula. The result shows there is effect of the cooperative learning type think pair share implementation to the students’ result of thematic learning at the fourth grade students of SDN 2 Kemiling Permai academic year 2017/2018.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 2 Kemiling Permai. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan  model  pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis Penelitian ini  eksperimen dengan metode yang digunakan adalah  quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitu design nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh  dalam penerapan model kooperatif tipe pair share terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Kemiling Permai tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Hasil belajar, think pair share, pembelajaran tematik

References

Alhamdani,M.F.R., Ngatman, & Suyanto, Imam. 2014. Penggunaan Model Think Pair Share dalam peningkatan pembelajaran PKN di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan. Vol 1(4). (Sumber:http://jurnalmahas iswa.unesa.ac.id/index.php/ jurnal-penelitianpgsd/article/view/10580). Diakses pada tanggal 13 juni 15.00 WIB.

Alpusari, Mahmud. ,& Putra, R.A.(2013). The Application Of Cooperative Learning Think Pair Share (TPS) Model To Increase The Process Science Skills In Class IV Elementary School Number 81 Pekanbaru City. Jurnal Internasional, Vol 4 (4). 2805-2808. (https://www.ijsr.net/archive

/v4i4/SUB153806.pd). Diakses paa tanggal 12 juni 2018 pukul 15.45 WIB.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Teori Dan Aplikasi. Jakarta. Refika Aditama.

Kurniasih, Imas & Berlin, Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta. Kata Pena.

Marbun, Rosnita. 2013. Penerapan Model Cooperatif Think Pair Share Untuk

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Panjang. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013. Jakarta. Permendikbud RI.

Reniastuti, N.W. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2(1). http://oldpasca.undiksha.ac. idejournal/index.php/jurnal_ pendas/article/view/264.

Santra, Putu., Wibawa, I.M.C., & Rati, N.W. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 8 Kubutambahan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Undiksha, 1(4). 307-315. (Sumber: https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/12962

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sujarwo. 2011. Model-model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta. Venus Gold Press.

Suraya, Linna.,Subagia,I.W.,& Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis. Jurnal Progam Studi IPA. Vol. 3 No.1. http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_ip a/article/view/1105.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.