Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA

Apri Hanifah, Sasmiati Sasmiati, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem of this research was the low outcome of IPA in fourth grade SDN 1 Labuhan Ratu. The research belongs to quasi experiment with nonequivalent control group design. The research aimed to know the effect of PBL model to IPA’s learning outcome. The population subject of this research was the IV A class with 20 students as the experimental group, and IV C class with 20 students as the control group gained by purposive sampling. The data of this research used observation and test with instrument analysis by linear regression and t-test. The result showed  that PBL affected the outcome of IPA in IV grade of SD N 1 Labuhan Ratu.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV  SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas kontrol, dengan tehnik pengambilan purposive sampling. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan analisis data menggunakan Uji Regresi Linier dan Uji-t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Labuhan Ratu.

 

Kata kunci: Hasil belajar, IPA, Problem Based Learning.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena. Surabaya.

Permendikbud. 2014. Kurukulum 2013 Sekolah Dasar. Permendikbud RI. Jakarta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sisdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika. Jakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Grup. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.