Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Eksplanasi Peserta Didik

Asri Kristi Anggiati, Riswandi Riswandi, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in this research is the low of Ability Eksplanasi of curriculum learning 2013 of SD Negeri 1 Pringsewu Soulth. The purpose of this research is to know the influence of problem based learning to Ability Eksplanasi of students. The method of the research was quasi experimental design and non-equivalent control group desing. This research used  non probobility samping. The instrument of the research was test and non test. The results of data analysis can be concluded that there is influence of the implementation prolem based learning to Ability Eksplanasi of class IV SD Negeri 1 Pringsewu Soulth.

 

 

Masalah dalam penelitian ini rendahnya kemampuan eksplanasi peserta didik pada pembelajaran kurikulum 2013 SD Negeri 1 Pringsewu Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap kemampuan eksplanasi peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi exsperiment dan desain penelitian non-equivalent control group desing. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probobility sampling dengan jenis rendom sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan problem based learning terhadap kemampuan eksplanasi peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Selatan

 

Kata kunci: kurikulum 2013, kemampuan eksplanasi, problem based learning.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Abidin, Y. 2014. Desain System Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama: Bandung.

Adopsi Aqib. 2009. Penelitian Tindak Kelas. Yamara Widya: Bandung.

Amir, Taufiq, M. 2013.Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Kencana prenada group: Jakarta.

Anni, Catharina. 2004. Psikologi Belajar. UNNES: Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

________. 2004. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. BumiAksara: Jakarta.

________. 2005. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

______. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

______. 2014. Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Best, J.W. & Kahn, J.V. 2006.Research in education (tenth edition).Pearson Educationins: Bastom

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Creswell, J. 2015. Reset pendidikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2007. Research Methods In Education. Routledge: New York.

Dasmita. 2009. Psikologi Perkembangan Pesertadidik. Remaja Rosa Karya: Bandung.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 thun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Facione, P. A. 2007. Critical thing: what it is and why it counts. insight assessment: San franscisco. Diaksespadatanggal 6 november 2017,dariwww.insightassessment.com./pdf_files/what&why2006.pdf.

______. 1990. Critical thinking: a statement of expert consensus for purposes of educational assessment and instruction the Delphi report. Diakses pada tanggal 6 november 2017, dari www.insightassessment.com./pdf_files/DEXadobe.pdf

_______. 2015. Critical thinking: what it is counts. insight assessment: San franscisco. Diaksespadatanggal 6 november 2017,dariwww.insightassessment.com./pdf_files/what&why2006.pdf.

Field, A. 2009.Discovery statistics using. Sage: third edition London.

Hamalik, Oemar. 2012. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bumi Aksara: Jakarta.

Indrawan, R., &Yaniawati, P. 2014. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk menajemen pembangunan dan pendidikan. Refika Aditama: Bandung.

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata pena: Surabaya.

Krathwohl, D. R. 2004. Methods of educational and social science research, an integrated approach, second edition. Waveland Press: Illinois.

Kurniasih, imas & berlin sani.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena: Yogyakarta.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama: Bandung.

Majid, Abdul.2007. Setrategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mudjiono. Dan Dimyati 2015. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Novri yani. 2017. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Terpadu: Kupang Teba Bandar Lampung

Purwanto. 2008. Senang belajar ilmu pengetahuan alam 4 untuk Sekolah Dasar / Madrasah I btidayah Kelas IV. Pustaka Belajar: Jakarta.

Putra, Sitiatava Riezma. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Diva Press.Yogyakarta.

Rusman. 2012.Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

______. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

______. 2014.Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Raja Grafindo Persada: Jakarta.

_______. 2017. Belajar dan pembelajaran, berorientasi standard proses pendidikan.Persada Media Group: Jakarta.

Ristia Puji Saputri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Tematik: Bandar Lampung

Sani, ridwan, Abdullah. 20015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara:Jakarta.

Sungur, S., &Tekkaya, C. 2006.Effect of problem-based learning and traditional instruction on self-regulated learning.The journal of educational research, 99 (5), 307-317.Diaksespadatanggal 10 desember 2017 dari http://hrmars.com/hrmarspapers/Theeffectofproblem-Basedlearningonself-Directedlearningskillsamongphysicsundergraduates.pdf

Sari yuni. 2017. pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis matematis: Yogyakarta

Saputri. 2017. berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik: Labuhan Ratu Bandar Lampung

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya : Bandung

Refbacks

  • There are currently no refbacks.