Hubungan Antara Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar IPA

Selly Rizky Safitri, Riswandi Riswandi, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this study is the still low level of science learning. The purpose of this study is to determine the correlation between the learning environment in school with the results of science learning. Reseach method used is the correlation and quantitatif data. Population  in this study all students class IV SD Negeri in Metro Sub-district which amounted to 214 pesute students. The sample in this study amounted to 95 students. Sampling technique using stratified sampling based on the completeness of facilities and infrastrucure. The results of data analysis techniques using spearman rank correlation formula indicate that there is a correlation between the learning environment in school with science learning outcomes of students class IV elementary School in Metro West District.

 

 

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri di Kecamatan Metro Barat berjumlah 214 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling berdasarkan kelengkapan sarana dan prasarana. Hasil teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi spearman rank menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri di Kecamatan Metro Barat.

 

 

Kata kunci: hasil belajar, lingkungan belajar

References

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Widyaningtyas, Anisa. 2013. Peran Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1): 136-143.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.