Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Tematik

Linda Katrisa Marito S., Lilik Sabdaningtyas, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem in this research is the low of thematic learning result of fourth grade students of SD Negeri 1 Way Laga. The purpose of this research is to know the influence of STAD type cooperative learning toward thematic learning result. The method used in this research is quasi experimental by using non equivalent control group design. The population in this research is all the fourth graders of elementary school in SD  Negeri 1 Way Laga Bandar Lampung. The instrument used is a test. Data analysis using regresi linear and t-test. From the results of data analysis can be concluded that there are differences in student learning outcomes on thematic learning by using STAD compared with those not using STAD in class IV SD Negeri 1 Way Laga.  

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 1 Way Laga. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Way Laga. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan regresi linear dan uji-t. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan STAD dibandingkan dengan yang tidak menggunakan STAD di kelas IV SD Negeri 1 Way Laga.  

 

Kata kunci : STAD, hasil belajar, tematik.  

References

Slavin, R. E. 1995.Cooperative Leraning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 SD/MI. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.