Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar PKn

Novian Trio Nugroho, Siswantoro Siswantoro, Darsono Darsono

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of Civics students of grade V SD Negeri 1 Metro Timur. The purpose of this study is to determine the significant effect on the use of cooperative learning model type snowball throwing on the results of learning Civics students class V SD Negeri 1 Metro Timur. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The population in this study is all students of class V with the number of 47 students. The type of sample used in this study is a saturated sample. The result of hypothesis testing using t-test pooled variance where titung 2,163 while ttable of 2.021 means there is significant influence on the use of cooperative learning model of snowball throwing type toward the result of Civics learning.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 47 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians dimana thitung sebesar 2,163 sedangkan ttabel sebesar 2,021 artinya terdapat  pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar PKn.

 

Kata kunci: snowball throwing, hasil belajar, PKn.

References

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Bandung. Alfabeta.

Puspasari, Lucia. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing pada Pembelajaran IPS Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Sufiyah, Sunny. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Operasi pengurangan Bilangan Bulat SD Kelas IV (Studi Eksperimen di Kelas IV SDN Kedaleman 1 Kecamatan Cibeber Kota Cilegon). Kampus Serang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

_______ . 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Suyono, Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

________ . 2005. Permendiknas Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.

Wulandari, Ratna. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.