Hubungan Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Mengadakan Variasi Guru dengan Hasil Belajar IPS Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar, antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan antara lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 42 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar tema 3, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar tema 3, dan terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar tema 3.
Kata kunci: lingkungan belajar, motivasi, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anshari, Hofi. 2009. Pengantar Ilmu Pendidiakn. Surabaya. Usaha Nasional.
Bakar, Ramli. 2014. The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science. Volume 4 No. 6. Halaman 722-732.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Ebisin, A.F. 2017. Performance Analysis of E-Learning on Students’ Attitudes and Achievements: An Experimental Approach A Case Study of Ajara Comprehensive-School and AraromiIlogbo Junior Secondary School Oko-afo, Badagry, Lagos. Nigeria. International Journal of Education and Research. Volume 5 No. 7. Halaman 323-334.
Firdantia, Novia. 2016. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS dan PKn Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Nokwanti. 2013. Pengaruh Tingkat Disiplin dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Warungasem Kabupaten Batang. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. Volume 1 No. 1. Halaman 43-58.
Nugroho, Bachtiar. 2015. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sapen Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rehman, Asifa dan Kamal Haider. 2013. The Impact Of Motivation On Learning Of Secondary School Students In Karachi: An Analytical Study. Educational Research International. Volume 2 No. 2. Halaman 139-147.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sukardi, Moh. 2016. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta. PT. Indeks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.