Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

Heni Setiowati, Rapani Rapani, A. Sudirman

Abstract

The problem of this research is the interest in learning and the result of  IPS study which has various result and not maximum. The aim of this research is toknow the relation between interest in learning to the IPS study result of fourth grades student in elementary school of muhamadiyah Metro. In this research which have 230 population of students are taken the sample based on “proporsional stratifed random sampling and get 70 students. Documentary and questionnaire are the technique to gather the data.Testing of hypetheses is using correlation product moment formula with coefficient scors r=0,24 with tcount>ttabel  2,0772,00(with a=0,55) which means significant. The big contribution interest in learning of studying against the results is 5% meanwhile 95% are affected by variable  or some factor in this research. The result of this research shows us the significant relation  between interest in learning to the IPS study result of fourth grades student in muhamadiyah elementary school.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah minat belajar dan hasil belajar IPS yang beragam dan belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah  230 orang siswa dan jumlah sampel diambil berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling yaitu diperoleh 70 orang siswa.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment terhadap nilai koefisien korelasi r = 0,24 terhadap thitung>ttabel yaitu 2,07>2,00 (terhadap α = 0,05) artinya korelasi signifikan. Besar kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 5 %,  sedangkan  95 %  dipengaruhi oleh variabel atau faktor  lain  yang  tidak dibahas pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat.  
 
Kata kunci: IPS, minat belajar, hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadis, Abdul. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Haryati, Nanik berjudul “Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belaja Matematika Siswa Kelas V SD Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Pelajaran2014/2015. Jawa Tengah.

Jahja, Yudrik. 2013. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Model Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, Erik Edi berjudul “Hubungan Antara Minat Baca dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri Getasan 1 Kecamatan Geasan Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Ajaran 2011/2012. Semarang.

Purwanto, Ngalim. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode PenelitiaPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Zusnani, Ida. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMA. Jakarta Selatan: Tugu Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.