Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil belajar Pada Pembelajaran Tematik

Abi Nugraha, M. Thoha B.S. Jaya, Fitria Akhyar

Abstract

The problem in this research was the students’ result of thematic learning in SD Negeri 1 South of Pringsewu was still low. This research aims to find out the effect of implementation problem not based learning and the difference before and after using problem based learning to the students’ result. The method of this research was quasi experiment, with nonequivalent control group design as the design of this research. The results showed that there were differences using the PBL model and that did not use the PBL model indicated by tcount = 4,410>ttable = 2,006 (with α = 0,05). and influence is indicated by the value of rcount = 0,525>rtable = 0,381 (with α = 0,05) the use of PBL learning model to learning result of class V student SD Negeri 1 Pringsewu Selatan.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Pringsewu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dan perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang menggunakan model PBL dan yang tidak menggunakan model PBL ditunjukkan dengan nilai thitung = 4,410 > ttabel = 2,006 (dengan α = 0,05). dan pengaruh ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,525 > rtabel = 0,381 (dengan α = 0,05) penggunaan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Pringsewu Selatan.

Kata kunci : hasil belajar, model PBL,pembelajaran tematik.

Full Text:

PDF

References

Aini , I.M., Riswandi, R., & Sabdaningtyas, L. 2015.Pengaruh PenggunaanModel Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal Pedagogi. 3 (7): 3-15.http://download.portalgaruda.org/article.php?article=373228&val=7239&t(diakses 13 Mei 2018)

Darsana, I.K.A, Putra Md, & Negara, I.G.A.O. (2013), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Gugus 1 Sidemen Karangasem. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). Diakses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1482 pada tanggal 10 Februari 2018.

Dewi, N. L. K. L., Suwatra, I. I. W., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SD Segugus 1 Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). Diakses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3773pada tanggal 10 Februari 2018.

Saputri, Restia Puji. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Universitas Lampung, Bandar lampung.

Shoimin. Aris. 2014. Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung; Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.