Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Divisions Terhadap Hasil Belajar

Muhammad Ilham Setiadi, Maman Surahman, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in this research is a low of integrated thematic learning result of students grade IV SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung. The purpose in this research is to know the influence and the different of cooperative learning model type Student Teams Achievment Divisions to integrated thematic learning result of students. The method used in this research is experiment research by using design non equivalent control group design. The population in this research is all of students grade IV, grade IVB as experiment class and grade IVC as control class with technique purposive sampling. The data analysis using regression linear test and T-test. The outcomes of research indicates there is an influence and a different of cooperative learning model type Student Teams Achievment Divisions to integrated thematic learning result of students grade IV SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung .

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas IV SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV, kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan IVC sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linier dan Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dan perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas IV SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung.


kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, student teams achievment divisions.

References

Andraini, Dwi Ita dan Supriyono. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Tema Keperluan Sehari-Hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1-9. Diakses melalui http://jurnal mahasiswa.unesa.ac.id/index.p hp/jurnal-penelitian-pgsd/ article/view/10671/13942 pada tanggal 31 Januari 2018 pukul 09.30 WIB.

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya. Bandung.

Dewi, Reny Marini Sandra dan Supriyono. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-10. Diakses melalui http://jurnal mahasiswa.unesa.ac.id/index.p hp/jurnal-penelitianpgsd/article/view/12217/15900 pada tanggal 31 Januari 2018 pukul 09.40 WIB.

Ma’arif, Erwin Syafi’i dan Supriyono. (2015). Pengguna an Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 586-596. Diakses melalui http://jurnalmahasiswa.unesa.a c.id/index.php/jurnal-penelitian -pgsd/article /view/15465/1946 4 pada tanggal 31 Januari 2018 pukul 11.30 WIB.

Nahar, Novi Irawan. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 6474. Diakses melalui http://jurnal.um-tapsel.ac.id/ index.php/nusantara/article/vie w/94/94 pada tanggal 31 Januari 2018 pukul 14.00 WIB.

Nasaruddin. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 10/73 Arallae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3), 247-251. Diakses melalui http://ojs.unm.ac.id/pubpend/ar ticle/view/1684/723 pada tanggal 31 Januari 14.20 WIB.

Nurachmad, Hari dan Soetjipto. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Marmoyo Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-11. Diakses melalui http://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/index.php/jurnalpenelitian-pgsd/article/view/12 190/15852 pada tanggal 31 Januari pukul 14.40 WIB.

Triwiratih, Andianis dan Julianto. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-14. Diakses melalui http://jurnalmahasiswa.unesa.a c.id/index.php/jurnalpenelitianpgsd/article/view/10582/13777 pada tanggal 31 Januari 2018 pukul 17.00 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.