Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Tematik

Anadya Tri Sabrini, Lilik Sabdaningtyas, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem in this research is the low of thematic learning result of fourth grade students of SD Negeri 2 Gunung Terang. The purpose of this research is to know the influence of STAD type  cooperative learning toward thematic learning result. The method used in this research is quasi experimental by using non equivalent control group design. All the population in this research is all the fourth graders of elementary schools in Keluharan Langka Pura which is distributed in five schools. Through random cluster technique chosen as the sample is SD Negeri 2 Gunung Terang. The instrument used is a test. Data analysis using t-test. From the results of data analysis can be concluded that there are differences in student learning outcomes on thematic learning by using STAD compared with those not using STAD in class IV SD Negeri 2 Gunung Terang

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SekolahDasar di Keluharan Langka Pura yang berdistribusi di lima sekolah. Melalui teknik cluster random yang terpilih sebagai sampel adalah SD Negeri 2 Gunung Terang. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan STAD dibandingkan dengan yang tidak menggunakan STAD di kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang 

 

Kata kunci: hasil belajar, student teams achievement division, tematik.

References

Hamalik, Oemar. 2012. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamdayana, Jumanta. 2014. dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. 2012. - pembelajaran mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto.2015. Mendesains Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin. 2014. Model Pembeajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sudjana, nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.