Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPS pada Pembelajaran Terpadu

Trisna Jayanti, Sasmiati Sasmiati, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem of this research is the low of IPS learning result of fourth grader of the fourth class students at SD Negeri 1 Tanjung Raya. The research has purpose to know the influence of using the model of inquiry learning towards social science learning result.  the research method uses quasi experiment method with nonequivalent control group design. the sample of this research was the fourth class student at SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung in 2017/208. The sample was took by using simple random sampling and got IVB  class as experimental class with the students total is 32 student and IVA as control class with the students total is 32 students. The data analysis was used linear regression test and t-test. The result of research indicated any positive. Influence of using the model of inquiry learning towards social science learning result in integrated learning of the student of the fourth class at SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung in 2017/2018.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPS. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan IVA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dengan teknik pengambilan simple random sampling. Analisis data menggunakan Uji Regresi Linear dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar IPS pada pembelajaran terpadu siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, hasil belajar ips, pembelajaran terpadu

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta : Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model-Model Pengajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.