Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV

Wayan Sepdian Eka Putra, Herpratiwi Herpratiwi, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem of this research was the students’ result of integrated thematic learning was still low in the IV grade of State Primary School 3 Kampung Baru. This research aims to find out the effect of picture and picture model implementation. The type of this research was experimental research which method one group pretest posttest design. The design used was pre-experimental design. This research used total sampling, with subject of research was students class IV. The method of accumulation data in this research with instrument test and sheet of observation assessment student activity which used picture and picture model implementation. The data analyzed by using simple regression formula. The result of data analysis shows that there are significant differences and influence in the application of power point media that is equal to 58% toward the result of integrated thematic learning in the fourth grade students of State Primary School 3 Kampung Baru in academic year 2017/2018.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 3 Kampung Baru. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model picture and picture terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode one group pretest posttest design. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental. Penelitian menggunakan total sampling dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV. Metode pengumpulan data yaitu instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik dengan model picture and picture. Analisis data dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan Uji t. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan dalam penerapan model picture and picture yaitu sebesar 58% terhadap hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Kampung Baru tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: hasil belajar, model picture and picture, pembelajaran tematik.

References

Anggita, Ria. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas 4 SDN Sumogawe 03 Kab. Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas (2003). Undang- Undang RI Nomor 20, Tahun 2003 Pasal 1 ayat (1), tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzi, Ahmad. 2014. Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD. Vol 3, No 8. (jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5916)

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kiswanti, Henny. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe

Picture and Picture pada Siswa Kelas II SD Negeri Bawean 05 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi Bandung. Refika Aditama.

Putri, Maya. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS. Vol. 04 No. 03. (jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/10992)

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2015. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Winarni, Mirna. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan Semester 1 Kelas II Di Sekolah Dasar Negeri 3 Besuki Tahun Pelajaran 2012/2013. (www.ejurnal.com/2015/06/penerapan-model-pembelajaran picture.html)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.