Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV

Nanang Saputro, Maman Surahman, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem of this research was the students’ result of integrated thematic learning was still low. This research aims to find out the effect and difference of power point media implementation. The type of this research was experimental research which method quasi eksperimen. The design used was nonequivalent control group design. This research used probability sampling, with subject of research was students class IV A and IV B. The method of accumulation data in this research with instrument test and sheet of observation assessment student activity which used power point media implementation. The data analyzed by using simple regression formula. The result of data analysis shows that there are significant differences and influence in the application of power point media that is equal to 58% toward the result of integrated thematic learning in the fourth grade students of SD Negeri 1 Surabaya in academic year 2017/2018.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Surabaya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penerapan media power point terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian menggunakan probability sampling dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV A dan IV B. Metode pengumpulan data yaitu instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik dengan media power point. Analisis data dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan Uji t. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan dalam penerapan media power point yaitu sebesar 58% terhadap hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Surabaya tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, media power point, pembelajaran tematik.

References

Anang Nugroho. 2015. ) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power point dengan Video dan Animasi terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi belajar pada Materi Perawatan Unit Kopling Siswa Kelas 2 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta:Yogyakarta.UNY

Arikunto, Suharsimi. 2008. DasarDasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

________________. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aziz, Azmahani A., Khairiyah M. Yusof, and Jamaludin M. Yatim. (2012). "Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Students’ Perspectives." ProcediaSocial and Behavioral Sciences 56): 22-30. https://www.sciencedirect.co m/science/article/pii/S187704 2812040906. Diakses pada tanggal 28 Februari 2018 pukul 16.16 WIB.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Dona Fitriani . 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Power point terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Lampung: UNILA.

Sri Listyorini .2011. Perbedaan dan Pengaruh Penggunaan Media Power Point dan Media Animasi pada Pembelajaran Remidial Biologi terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. Surakarta: UNS.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Wati, Ega. 2016. Ragam media pembelajaran. (tanpa tempat penerbit): kata pena.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.